CILETUH PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK FESTIVAL 2018

CILETUH PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK FESTIVAL 2018

BANDUNG – Tahun 2018 adalah kali keempat penyelenggaraan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival yang diadakan sejak tahun 2015. Festival yang masuk pada daftar Festival Nasional Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, kali ini akan lebih meriah dari festival tahun-tahun sebelumnya. Festival ini melibatkan ratusan seniman yang akan menyuguhkan berbagai atraksi menarik, dari pertunjukan budaya dan seni serta suguhan kuliner khas yang terdapat di kawasan Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu. Melibatkan masyarakat setempat, aneka kesenian yang akan ditampilkan meliputi pencak silat, gondang, cepet, wayang golek, tutunggulan, dan lain-lain.

Selain itu, kegiatan menarik yang sebelumnya tidak ada menjadi daya tarik tersendiri, seperti; music festival, hammocking, family camp, skylodge, marathon trail run, kids adventure, bike adventure, paramotor show, festival mural, festival kopi dan bakau, lomba gambar dan mewarnai, trivia quiz tentang Ciletuh-Palabuhanratu Geopark, Lomba Fotografi, Lomba infografis, Lomba melukis tong sampah, Lomba menulis artikel, Instagram Challenge, Vlog Competition.

Selain jalur Waluran, adanya jalur baru ke Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark membuat akses berkendara ke lokasi menjadi lebih cepat. Rute baru yang melewati jalur tepi pantai ini membentang sepanjang 33 km, mulai dari Simpang Loji di Jalan Pelabuhan Ratu, melewati Muara Cisaar di Kecamatan Ciemas hingga ke Puncak Darma, yang kemudian berlanjut ke Palangpang yang menjadi pusat Geopark Ciletuh. Jalur baru ini jelas memangkas jarak yang sebelumnya mencapai 71 km untuk mencapai Palangpang. Di Palangpang dan Tamanjaya tersedia lumayan banyak penginapan dengan harga relatif terjangkau.

Kami tunggu kehadiran dan partisipasi kalian di Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark pada tanggal 12-14 Oktober 2018.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra