CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK; HANYA TINGGAL KETOK PALU SAJA.

CILETUH-PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK; HANYA TINGGAL KETOK PALU SAJA.

BANDUNG – Kabar baik dan membanggakan datang dari Paris, Prancis pada hari Minggu (14/1/2018). Duta Besar/Wakil Republik Indonesia (WRI) UNESCO Prof. T.A Fauzi Soelaeman menyampaikan dokumen resmi kepada General Manager Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Dana Budiman yang berisi endorsement resmi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan Geopark Rinjani oleh Dewan Geopark Dunia UNESCO.

 

Menurut Prof Fauzi, Geopark dari Indonesia hanya tinggal menunggu peresmian “ketok palu” pada bulan April dalam Executive Board untuk menjadi UNESCO Global Geopark. Beliau mengucapkan selamat kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan memperjuangkan prestasi ini bersama-sama.

 Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Secara khusus beliau menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Gubernur Jawa Barat, Bupati Sukabumi, PT. Biofarma (persero) dan Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) yang telah berperan aktif sehingga Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dapat menjadi UNESCO Global Geopark.

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat dan Bupati Sukabumi melalui Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi bersinergi sangat baik dalam pembangungan dan pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dan terus mendorong dengan melaksanakan berbagai program dan bekerja sama dengan masyarakat dan institusi lainnya hingga mencapai keberhasilan seperti saat ini.

Prof Fauzi juga berpesan kepada semua pihak agar dapat memperhatikan rekomendasi yang disampaikan kepada Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan Geopark Rinjani yang ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark tahun ini. Maka dengan keberhasilan dua Geopark ini, Geopark toba dapat diajukan untuk siklus selanjutnya.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra