Ciletuh Sabilulungan Festival

Ciletuh Sabilulungan Festival

ciletuh sabilulungan festival

ciletuh sabilulungan festival - Taofik Rodibillah

Ciletuh sabilulungan festival, acara yang diselenggarakan oleh kompepar di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dan dibantu oleh Pemerintah dan berbagai pihak terkait diadakan pada tanggal 19-20 November ini sangat meriah, dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat. Menurut Endang Sutisna, festival ini adalah salah satu dari aksi nyata warga di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu untuk ikut dalam melestarikan budaya yang sering terlupakan akibat dari modernisasi yang masif pada jaman sekarang. Antusias dari warga lokal disana untuk menghadiri dan ikut serta disana sangat nyata, sekitar 500 warga lokal hadir untuk ikut serta dalam acara yang digelar 2 hari tersebut.

ciletuh sabilulungan festival

ciletuh sabilulungan festival – Taofik Rodibillah

Festival ini meningkatkan nilai perputaran ekonomi warga lokal disana, dari mulai pengelola homestay, restoran dan cinderamata. Banyaknya wisatawan yang datang untuk menghadiri acara yang mengusung tema kebudayaan ini. Acara ini dibuka oleh H. Dana Budiman, Asda 2 Kabupaten Sukabumi dan didampingi oleh Camat ciemas. Banyak sekali kesenian daerah yang ditampilkan di acara ini, seperti musik sawadah, pencak silat tumaritis, tarian tradisional seperti tari, tari cepet dan menampilkan juga batik pakidulan khas Geopark Ciletuh dan banyak lagi.

ciletuh sabilulungan festival

ciletuh sabilulungan festival – Taofik Rodibillah

ciletuh sabilulungan festival

ciletuh sabilulungan festival – Taofik Rodibillah

Camat Ciemas mengatakan dengan diadakannya Ciletuh Sabilulungan Festival ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk yang masing-masing kalangan untuk melestarikan, bereksperimen dan merevitalisasi kesenian budaya yang ada di Kawasan Geopark CIletuh-Palabuhanratu  agar bisa menjadi ladang kehidupan bagi pelaku seni budaya di kawasan ini dan menjadi nilai tambah untuk Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sebagai destinasi wisata berkelas dunia dan menjadi tujuan utama wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin melihat keindahan bentang alam di Geopark Ciletuh dan juga kekayaan seni budaya yang dimilikinya.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra