DETIK-DETIK KEDATANGAN UNESCO, CILETUH TERUS BERBENAH

DETIK-DETIK KEDATANGAN UNESCO, CILETUH TERUS BERBENAH

SUKABUMI- Ditugaskannya beberapa anggota Badan Pengelola untuk kembali menyelesaikan dan memeriksa persiapan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu pada bulan ini mendapatkan hasil yang positif. Marka jalan sebagai penunjuk arah, revitalisasi destinasi wisata unggulan dan sosialisasi kepada warga lokal tentang pemahaman Geopark Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sendiri.

General Manager, Dana Budiman mengatakan, “kesiapan kawasan dan manajemen sudah ada di angka 90% tinggal menyelesaikan kekurangan-kekurangan minor yang ada di lapangan agar sesuai dengan apa yang ditulis dalam dossier yang kami kirim ke paris beberapa waktu lalu sebagai syarat pengajuan sebagai UNESCO Global Geopark”, beliau melanjutkan, “kami minta didoakan kepada masyarakat agar kawasan ini berhasil dan lolos verifikasi oleh tim asesor pada Agustus nanti”.

Tim redaksi segera mendatangi beberapa titik yang akan dinilai oleh assesor dari UNESCO untuk penilaian kesiapan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Terlihat semua sedang sibuk menyiapkan kawasannya agar menjadi yang terbaik di mata assesor nantinya, salah satu yang kami kunjungi adalah Geyser Cisolok yang terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Mumuh, sebagai pengelola menyatakan bahwa beliau, stafnya dan kawasan yang dikelolanya sudah siap. “Alhamdulillah, saya sudah siap, teman-teman disini siap, kawasan juga siap. Kita akan memberikan yang terbaik untuk penilaian UNESCO dan mendukung apa yang terbaik dan berdampak positif bagi kami dan masyarakat sekitarnya. Insya Allah”, ujarnya.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra