Evaluasi pendahuluan Tim Task Force UNESCO Indonesia ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Evaluasi pendahuluan Tim Task Force UNESCO Indonesia ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Tim yang dipimpin oleh Ir. Hanang Samodra, M.Sc bertolak ke kawasan Geopark Nasional Ciletuh ini bersamaan dengan kegiatan sosialisasi kurikulum integrasi geopark kepada tenaga pendidik di 8 kecamatan yang termasuk dalam kawasan tersebut. Acara yang digelar di Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi ini dipimpin langsung oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M dengan didampingi oleh para pejabat di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

Evaluasi-pendahuluan-Tim-Task-Force-UNESCO-Indonesia-ke-Geopark-Nasional-Ciletuh-Palabuhanratu-3

Tugas Tim Task Force ini ini adalah mengevaluasi terlebih dahulu sebelum asesor dari UGG datang dan menilai kesiapan dan kelayakan Kawasan yang sudah dibangun dan dipersiapkan oleh Pemerintah, Swasta dan mayarakatnya selama ± 2 tahun ini. Mengingat waktu kedatangan semakin dekat, para asesor UGG yang pertengahan tahun ini akan datang, Manajemen Badan Pengelola GNCP bersama stakeholder yang lain semakin serius dalam mempersiapkan pembangunan di kawasan ini.

Evaluasi-pendahuluan-Tim-Task-Force-UNESCO-Indonesia-ke-Geopark-Nasional-Ciletuh-Palabuhanratu-2

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dilaksanakan di beberapa geosite andalan yang dimiliki oleh Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Ir. Hanang bersama tim yang diantaranya, Ir. Sam Permanadewi dan Ir. A. Ratdopurbo ini didampingi oleh Prof. Mega Fatimah Rosana, M.Sc, Ph.D dan anggota dari Badan Pengelola GNCP lainnya.  Prof. Mega dkk menjelaskan keunggulan tiap-tiap geosite yang ditunjukan pada tim task force dan meminta pendapat kelayakan untuk diperlihatkan pada asesor nantinya.

Evaluasi-pendahuluan-Tim-Task-Force-UNESCO-Indonesia-ke-Geopark-Nasional-Ciletuh-PalabuhanratuEvaluasi-pendahuluan-Tim-Task-Force-UNESCO-Indonesia-ke-Geopark-Nasional-Ciletuh-Palabuhanratu-4

Tim task force menyisir kawasan ini untuk kesiapan dari keragaman geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya yang menyangkut juga pada pembangunan berkelanjutan, kenaikan nilai ekonomi warga lokal, sarana pendidikan dan pemahaman warga lokal tentang Geopark. Setelah itu, hasilnya akan dilaporkan kepada Bupati Sukabumi dan Gubernur Jawa Barat dan di evaluasi bersama sebagai bahan pertimbangan untuk berbenah menyiapkan kawasan sebelum asesor UGG datang.

Evaluasi-pendahuluan-Tim-Task-Force-UNESCO-Indonesia-ke-Geopark-Nasional-Ciletuh-Palabuhanratu-5

Kabarnya, nama-nama asesor yang diutus UNESCO untuk menjadi verifikator di Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu akan keluar di pertengahan mei. Ir. Hanang Samodra, M.Sc mengatakan, “Ciletuh sudah 70% siap untuk kedatangan asesor tengah tahun nanti”, “mudah-mudahan dengan keseriusan Badan Pengelola, pemerintah, pihak swasta dan warga dalam pembangunan ini, akan ada hasil baik yang mengikuti” tambahnya.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra