Festival 1000 Lodong “Ciletuh Ngaguruh”

Festival 1000 Lodong “Ciletuh Ngaguruh”

Festival 1000 Lodong “Ciletuh Ngaguruh”

Bertepatan dengan kunjungan Gubernur Jawa Barat, H. DR (H.C) Ahmad Heryawan ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi) kembali menghelat acara dengan tajuk “FESTIVAL 1000 LODONG “CILETUH NGAGURUH”. Acara ini diselenggarakan di bale pinton, Desa Taman Jaya. Acara ini berisikan muatan budaya khas pakidulan seperti tarian, musik juga seni budaya lainnya. Festival 1000 lodong berlangsung selama 2 hari, berbagai aspek masyarakat dilibatkan dalam acara ini dari mulai pemerintah desa hingga warga.

Kreatifitas warga lokal semakin terlihat dengan adanya berbagai acara yang digelar di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, dan tentunya semakin menarik minat wisatawan lokal Jawa Barat, Nasional hingga Mancanegara untuk datang ke kawasan dengan luas 1.260 km2 ini. Seorang warga lokal menyebutkan bahwa acara 1000 lodong ciletuh ngaguruh adalah rasa syukur warga terhadap pembangunan dan kemajuan di kawasan ini.

Festival 1000 Lodong “Ciletuh Ngaguruh”

Pengembangan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu ini sangat terasa bagi warga disana, kemajuan yang sangat pesat juga terlihat di kawasan ini, sudah banyak penginapan dan restoran layak singgah. Pembangunan dan peremajaan akses jalan dan rambu menuju kawasan ini membuat kawasan ini menjadi semakin baik. Sarana juga prasarana serta amenitas yang diperlukan untuk sebuah kawasan siap kunjung sudah banyak yang dibangun.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari keinginan warga untuk memajukan daerahnya yang dibantu oleh pihak pemerintah dan swasta demi menaikan taraf ekonomi disana. Acara ditutup dengan lampion berisi pengharapan masing-masing yang diterbangkan pada malam harinya.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra