FESTIVAL SENI BUDAYA GEOPARK NASIONAL CILETUH-PALABUHANRATU

FESTIVAL SENI BUDAYA GEOPARK NASIONAL CILETUH-PALABUHANRATU

SUKABUMI – Dalam rangka mempromosikan kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar acara tahunan ini yang ketiga kalinya di Kawasan Geopark. Di meriahkan oleh ratusan seniman dan budayawan dari Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Festival ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya yang hanya digelar satu tahun sekali. Pada tahun 2017 diadakan 3 kali, di tiga tempat berbeda dalam Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Pertama di Kecamatan Palabuhanratu, Gor Tinju Palabuhanratu, kedua di Pantai Palampang, Kecamatan Ciemas dan terakhir di SatRadar 216 TNI AU Cibalimbing, Kecamatan Surade.

Melalui laporan pembuka Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Hj. Ida Hernida, S.H, M.Si kepada Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, L.C bahwa kegiatan ini membuktikan keseriusan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam membangun kawasan yang memiliki luas 120 h yang membentang di 8 Kecamatan. Lanjutnya, selain pembangunan pada kawasan, promosi kawasan juga diperlukan seperti kegiatan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival.

Festival ini selain dihadiri oleh, Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, L.C dan Bupati Sukabumi. H. Drs. Marwan Hamami, M.M dan ribuan pengunjung dari berbagai daerah, juga dihadiri oleh Ketua  Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi, Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc, Ph.D,  Kepala Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, S.H, MPA, perwakilan dari PT. Bio Farma (Persero) dan PT. bjb.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra