Field Trip SMPN 1 Cisolok “Geopark to School, School to Geopark”

Field Trip SMPN 1 Cisolok “Geopark to School, School to Geopark”

Field Trip SMPN 1 Cisolok “Geopark to School, School to Geopark”

Edukasi merupakan salah satu dari tiga konsep utama dalam pengembangan sebuah geopark. Konsep ini mengangkat materi-materi pendidikan seputar aspek geopark seperti pengetahuan geodiveristy, biodiversity, dan cultural diversity dan dilaksakan oleh pihak penyelenggara pendidikan baik di tingkat sekolah, universitas atau perguruan tinggi. Untuk mengaplikasikan konsep tersebut, Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu saat ini mencanangkan program Geopark to School. School to Geopark, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat. Program ini adalah berupa ajakan kepada sekolah-sekolah di dalam kawasan geopark untuk mengadakan aktivitas pendidikan seperti fieldtrip atau karya wisata di geosite-geosite dalam kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Field Trip SMPN 1 Cisolok “Geopark to School, School to Geopark”

Pada hari Minggu, 5 Februari 2017, para guru dan staf Tata Usaha SMPN 1 Cisolok mengadakan field trip ke geosite yang ada di Kecamatan Ciemas.  Ketua pelakasana kegiatan, Bapak Yanto mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan selain untuk mendukung konsep edukasi dalam kawasan geopark juga untuk memberikan pengetahuan baru kepada para guru mengenai geopark yang kemudian digunakan sebagai bahan ajar kepada murid di SMPN 1 Cisolok mengingat materi geopark telah menjadi kurikulum terintergrasi.

Kegiatan field  trip kali  ini merupakan kegiatan pelopor bagi SMP yang ada di Kabupatan Sukabumi. Nantinya, field trip untuk para siswa akan diprioritaskan ke dalam kawasan geopark dan tidak perlu ke daerah lainnya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan serupa di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Field Trip SMPN 1 Cisolok “Geopark to School, School to Geopark”

Pada kesempatan itu pula intepreter geologi dari Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu diminta untuk membagikan ilmu mengenai geopark terutama proses-proses geologi yang terjadi di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Bapak Dedi Supriyadi, selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Cisolok menyampaikan bahwa saat ini para murid  sangat tertarik untuk belajar mengenai geopark dan aspek-aspek yang ada di dalamnya. Selain itu, Beliau juga mendukung keberadaan geopark sebagai  tempat yang baik bagi para siswa untuk menumbuhkan kesadaran menjaga dan memelihara alam sekitarnya

Oleh: Rinaldi Ikhram