Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menuju UGG: Strategi Persiapan Menghadapi Tim Assesor

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menuju UGG: Strategi Persiapan Menghadapi Tim Assesor

BANDUNG- Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu saat ini sedang menyingsingkan lengan bajunya dalam rangka persiapan menghadapi Tim Asesor UGG yang akan datang ke kawasan geopark di pertengan tahun 2017 nanti. Ahmad Heryawan, sebagai Ketua Badan Pengelola  telah mengeluarkan Surat Perintah pembentukan Tim atau Panitia khusus yang bertugas untuk menyiapkan segala sesuatunya baik secara manajemen maupun kebutuhan-kebutuhan lapangan.

Bertempat di Kantor Bappeda Jabar, Yerry Yanuar, yang ditunjuk sebagai advisor dalam Tim Khusus, mengadakan pertemuan dengan seluruh anggota Tim yang terbentuk dari berbagai bidang keahlian untuk mengevaluasi perkembangan kegiatan persiapan ini pada hari Selasa, 21 Maret 2017

rapat persiapan ugg-1

Wakil Ketua Harian Badan Pengelola, Dana Budiman memaparkan strategi yang akan dilaksanakan oleh Badan Pengelola yaitu diantaranya: langkah-langkah persiapan, dokumen pendukung sesuai yang dicantumkan dalam dossier (proposal pengajuan UGG), sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta jadwal acara penyambutan dan pelepasan tim asesor UGG.

Badan Pengelola serta instansi yang ada didalamnya harus berkoordinasi dengan baik dalam mempersiapkan kawasan GNCP.  Ketua Tim Khusus, Professor Mega Fatimah Rosana menyatakan bahwa keseusaian antara isi dokumen yang diajukan dengan kondisi di lapangan harus dapat dipertanggungjawabkan.

rapat persiapan ugg-2

“Pertemuan seperti ini harus dilaksanakan secara rutin dengan perkembangan kegiatan yang terus dipantau pada setiap pertemuannya. Masing-masing penanggung jawab kegiatan harus dapat melaporkan perkembangan pekerjaannya setiap satu minggu sekali” Ucap Yerry Yanuar, “Persiapan ini memerlukan strategi taktis dan praktis mengingat waktu yang dimiliki oleh Badan Pengelola sudah sangat singkat”, menambahkan.

Oleh: Rinaldi Ikhram dan Ilham Mochammad Saputra