Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, meskipun Jawa Barat tidak termasuk ke dalam 10 besar destinasi wisata prioritas utama yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata bukan berarti tidak ada tajuk utama untuk membangun destinasi yang mendunia. Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus mendorong dan menjadikan kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sebagai destinasi utama di sektor pariwisata dan budaya di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-PalabuhanratuPemerintah Provinsi Jawa Barat awal tahun ini akan membangun akses jalan tercepat menuju Kawasan Geoarea Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, dan jalan baru sepanjang 33 kilometer. Memasuki awal tahun 2017, Gubernur Aher melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi dalam rangka pembangunan daerah Jabar bagian selatan di Plaza Mega Amphitheatre Panenjoan, Kabupaten Sukabumi. Aher mengatakan bahwa pembangunan jalan yang akan menelan biaya Rp 200 milirr ini bisa menghemat waktu hingga 2,5 jam dibanding melalui jalur lama. Biasanya wisatawan yang akan ke Geopark Ciletuh melalui Palabuhan Ratu harus menempuh waktu selama 3 jam. Selain membuat jalan baru, pada tahun 2017 Pemprov Jabar juga akan membuat pintu gerbang masuk Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di ujung jembatan Bagbagan, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan.

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-PalabuhanratuDengan kunjungan tersebut Gubernur Jawa Barat bersama kepala-kepala OPD beserta stake holder terkait pembangunan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu melihat bagaimana dan sejauhmana perkembangan di kawasan tersebut. “Kalau sudah selesai, kita bisa menikmati geopark itu mulai dari Loji di kawasan Palabuhan Ratu sampai Palangpang,” katanya. Aher menambahkan bahwa di jalan baru ini pun nantinya akan dibangun destinasi-destinasi baru di titik tertentu untuk para wisatawan yang akan berfoto.

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-PalabuhanratuSelain mengembangkan kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu secara khusus, Aher menyebutkan Pemprov Jabar juga terus mengembangkan dan membangun potensi ekonomi wisata dan budaya lainnya yang tersebar di seluruh penjuru Tatar Parahyangan. Aher optimistis perkembangan wisata dan budaya di Jawa Barat nanti akan menjadi potensi ekonomi yang luar biasa karena sumber pendapatan ekonomi dari sektor ini tak lekang oleh waktu. “Kita punya wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata fashion, dan wisata agama. InsyaAllah akan terus kami kembangkan,” ujar Aher.

Gubernur Jawa Barat Berkunjung ke Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Oleh: Ilham Mochammad Saputra