Guru Membutuhkan Materi Pembelajaran Geopark

Guru Membutuhkan Materi Pembelajaran Geopark

Program “Geopark to School. School to Geopark” adalah program yang dilaksakan Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dengan kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat. Program ini adalah berupa ajakan kepada sekolah-sekolah di dalam kawasan geopark untuk mengadakan aktivitas pendidikan seperti fieldtrip atau karya wisata di geosite-geosite dalam kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Saat ini, sudah banyak sekali sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA atau sederajat yang telah melaksakan program tersebut.

Guru Membutuhkan Materi Pembelajaran Geopark

Pada hari Kamis, 16 Februari 2017, para guru dan staf Tata Usaha SMPN 2 Simpenan mengadakan field trip ke geosite yang ada di Kecamatan Ciemas.  Pada kesempatan itu intepreter geologi dari Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu diminta untuk membagikan ilmu mengenai geopark. Hal-hal yang dipaparkan antara lain: Konsep dan sejarah geopark, Karakteristik Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, Potensi-potensi yang dapat dikembangkan dalam kawasan geopark, dan ilmu dasar kegeologian.

Guru Membutuhkan Materi Pembelajaran Geopark

Pada sesi sharing, Bapak Hidayat, selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Simpenan menyampaikan bahwa saat ini para murid  sangat tertarik untuk belajar mengenai geopark dan aspek-aspek yang ada di dalamnya, apalagi setelah mengetahui Kecamatan Simpenan juga termasuk dalam kawasan Geopark setelah perluasan kawasan. Namun, terdapat keluhan dari tenaga pengajar yakni kurangnya materi atau bahan ajar mengenai geopark yang dimiliki setiap sekolah, sehingga guru-guru merasa kesulitan dalam menyampaikan materi. Beliau mengatakan bahwa materi dan bahan ajar akan sangat membantu para guru dalam pengajaran di kelas, selain itu guru dapat juga mengembangkan materi geopark dalam mata pelajaran tertentu untuk diintegrasikan.

Guru Membutuhkan Materi Pembelajaran Geopark

Saat ini Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu telah memiliki beberapa materi dan bahan ajar sekaligus bahan promosi geopark di media cetak, seperti buku, buklet, leaflet, dan papan informasi geosite. Selain itu, materi geopark juga dapat diperoleh di situs resmi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dalam bentuk digital. Namun, jumlah media cetak yang tersebar memang masih dirasa kurang, karena belum semua sekolah atau instansi pendidikan memilikinya.

Guru Membutuhkan Materi Pembelajaran Geopark

Maka dari itu, Bapak Hidayat berpesan untuk Badan Pengelola agar dapat menyediakan materi dan bahan ajar kepada sekolah-sekolah agar guru-guru dapat mengajarkan materi dengan baik kepada murid-murid. Beliau juga berharap nantinya sekolah juga dapat berperan aktif dalam sosialisasi kepada orangtua murid dan masyarakat disekitar lokasi sekolah.

Oleh: Rinaldi Ikhram