HARI PERTAMA ASESOR DI GEOPARK NASIONAL CILETUH-PALABUHANRATU

HARI PERTAMA ASESOR DI GEOPARK NASIONAL CILETUH-PALABUHANRATU

SUKABUMI – Kegiatan hari pertama assesor di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dimulai dari Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi dan dilanjut ke Pasanggrahan Tenjo Resmi dan disambut langsung oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, M.M dan segenap pejabat daerah terkait.

Istana Presiden, Pesanggrahan Tenjo resmi adalah sebuah Istana Kepresidenan Republik Indonesia di Tatar Pasundan, Kota Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, Indonesia yang dibangun oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno sebagai tempat peristirahatannya di Palabuhanratu karena menurutnya Palabuhanratu adalah daerah pesisir yang indahnya, dibangunnya istana kepresidenan tenjo resmi masih berkaitan dengan sejarah Samudera Beach Hotel yang juga dibangun oleh Ir. Soekarno.

Dilanjut dengan pemaparan pertama kepada assesor dilakukan oleh Dr. H. Dana Budiman, M. Si selaku General Manager Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, dalam paparan tersebut menjelaskan keragaman dan keunikan yang ada di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu secara geologi, biologi dan budaya. Lalu tentang peran manajerial dalam pembangunan, pengembangan dan pengelolaan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra