HARI TERAKHIR VERIFIKASI OLEH UNESCO

HARI TERAKHIR VERIFIKASI OLEH UNESCO

SUKABUMI – Hari ketiga penilaian dimulai dari Pantai Ujung Genteng. Disini Asesor diperlihatkan pertumbuhan coral di sepanjang pantai. Hal ini menunjukan proses geologi yang masih berlangsung hingga saat ini. Kawasan pantai dangkal ini juga digunakan masyarakat untuk menanam rumput laut, dilanjutkan ke Balai Konservasi Penyu. Kepala Balai dan Petugas mempresentasikan kegiatan konservasi penyu dan diajak dalam acara pelepasan penyu yang rutin dilaksakanan kepada Assesor.

Di Balai Walagri atau Pusat Penelitian Geopark di Surade. Disini, asesor disambut oleh para akademisi dari berbagai universitas. Mereka menjelaskan mengenai peran universitas dalam penelitian di kawasan geopark. Setelah assesor selesai menilai Balai Walagri, dilanjutkan ke lava kolom dan bunker di Waluran. Di Lava bunker dijelaskan mengenai bekas tambang yang dahulu menjadi tempat persembunyian saat zaman penjajahan jepang kini beralih fungsi menjadi geosite untuk pendidikan dan dikonservasi.

Kunjungan terakhir ke Kampung Adat Sinar Resmi. Penjelasan disampaikan oleh Abah Asep dan dibantu oleh interpreter budaya. Assesor menilai dan melihat budaya pertanian yang masih dilakukan- oleh kampung adat dan beberapa kearifan lokal lainnya. Asesor juga berkesempatan melihat leuit berserta isinya. Sebagai tempat terakhir dalam kegiatan verifikasi oleh assesor, maka acara dibuat menjadi meriah. Ada upacara penyambutan oleh Abah Asep, baris olot dan seluruh warga di Kampung Adat Sinar resmi.

Malam hari digunakan untuk membahas dossier. Tim penyusun dossier diwakili oleh Prof. Mega Fatimah Rosana  bersama General Manager Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan kedua asesor melakukan penilaian bersama terhadap kondisi lapangan dan kesesuaian dengan dossier. Kegiatan ini tertutup hanya untuk ke-empat orang tersebut, di dalamnya berisi tanya jawab mengenai kesesuaian dossier dan di lapangan, mengenai rencana kedepan dalam kawasan dan presentasi surat-surat keputusan yang berpayung hukum secara sah dan berkaitan dengan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu itu sendiri.

Di akhir kegiatan verifikasi oleh UNESCO, ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh unsur-unsur terkait dalam pembangungan, pengembangan dan pengelolaan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati Kabupaten Sukabumi,  Pejabat daerah memberikan sambutan dan ucapan terima kasih atas semua kerja sama dan kerja keras semua pihak yang membantu dalam kesukseskan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu hingga sampai pada ditutupnya kegiatan kunjungan verifikasi oleh UNESCO ini.

Di akhir acara, assesor diberikan kenang-kenangan batik dan berbagai cinderamata lainnya di Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Setelah menikmati santap siang di daerah Sukabumi, assesor diantarkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta oleh rombongan dan kembali ke negaranya masing-masing.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra