Jalur Geologi Geopark Nasional Ciletuh, Jawa Barat, Indonesia; Pentunjuk Mandiri Jalur untuk semua pengunjung

Jalur Geologi Geopark Nasional Ciletuh, Jawa Barat, Indonesia; Pentunjuk Mandiri Jalur untuk semua pengunjung

Geopark Nasional Ciletuh

Geopark Nasional Ciletuh

Pembangunan Geopark yang Berkelanjutan: Contoh Kasus di Geopark Ciletuh Jawa Barat *)

S. Andriany1, M. Rosana2, A. Hardiyono3

1Universitas Padjadjaran, Indonesia

Kata Kunci: Geosite, geotrail, geowisata, Geopark Nasional Ciletuh

Geopark Nasional Ciletuh terletak di pantai barat Provinsi Jawa Barat, Indoensia. Warisan Geologi dalam geopark ini adalah keterdapatan kompleksofiolit sebagaifosil zona subduk sianatara Lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia pada jaman Kapur. Aktivitas tektonik setelahnya juga membentuk bentangalam spektakuler yang disebut mega amfiteater Ciletuh, dan juga proses erosi oleh air laut yang mengasilkan tampilan batuan berbentuk unik seperti, naga, kerbau, kura-kura, dll. Geotrail (salah satu aktivitas geowisata) merupakan cara yang ampuh untuk menyebarkan informasi geologi melalui perjalanan mengelilingi kawasan geopark dengan jalur pejalan yang mudah dan bias kontak langsung dengan lingkungan geologinya.

Tujuan dari paper ini adalah untuk memaparkan beberapa peta geotrail Geopark Ciletuh yang memuat interpretasi situs-situs geologi (geosite). Metode yang digunakan untuk mengembangkan jalur ini dibagi menjadi tiga tahap, dimulai dari studi literature mengenai daerah penelitian dan penelitian lapangan untuk membuat inventarisasi situs geologi. Analisis data dilanjutkan untuk mengindentifikasi dan mengklasifikasi geosite menjadi jalur geologi.

Geosite dibagi berdasarkan arti dan morfologi, seperti; batuan tua, geomorfologi, fosil, gua laut, batuan bentuk unik, air terjun, dan struktur sedimen sebagai landasan substansi pembuatan garis jalur perjalanan. Terdapat 3 jalur geologi yang telah diadaptasi dalam jalur perjalanan dan geosite yang relefan, diantaranya, The Magical of Ciletuh Amfiteater / Keajaiban Amfiteater Ciletuh (Perjalanan terfokus untuk menikmati bentangalam mega amfoiteater Ciletuh), The Ciletuh Melange’s Journey / Penjelajahan Melange Ciletuh (Perjalanan untuk mempelajari batuan-batuan tertua di Jawa Barat) dan The Spectacular of Ciletuh Bay / Spektakulernya Teluk Ciletuh (Jalur laut untuk menikmati berbagai bentuk batuan di Teluk Ciletuh).

Geopark Nasional Ciletuh

Geopark Nasional Ciletuh

*) Dipresentasikan di The 7th International Conference on UNESCO Global Geopark at The English Riviera UNESCO Global Geopark, September 2016