KEBERHASILAN GEOPARK CILETUH-PALABUHANRATU INI KEMENANGAN BERSAMA

KEBERHASILAN GEOPARK CILETUH-PALABUHANRATU INI KEMENANGAN BERSAMA

BANDUNG – (Minggu, 3 Juni 2018) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menggelar syukuran atas keberhasilan raihan predikat UNESCO Global Geopark kepada Ciletuh-Palabuhanratu Geopark pada tanggal 17 Mei lalu. Dihadiri oleh berbagai pihak yang telah bersama-sama dalam pengembangan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dalam 4 tahun terakhir ini, seperti Pemerintah, Swasta, Akademisi, Masyarakat dan juga Media Massa.

Dalam pidatonya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi UNESCO Global Geopark. Dalam pidatonya Bupati menyampaikan, bahwa dari tahun 2005 ketika saat masih menjabat sebagai wakil bupati, beliau ingin membuat kawasan Geopark di Kabupaten Sukabumi dan akhirnya bisa terlaksana pada tahun 2018. “Kami, Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga sangat berterima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan atas bantuan dan kerjasamanya dalam membangun Geopark Ciletuh-Palabuhanratu” Ucap Marwan.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan kerja keras semua pihak yang serius ingin memajukan Jawa Barat, beliau juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi, BUMN (PT. Bio Farma, PLN, Bank BJB), Universitas Padjadjaran, masyarakat lokal Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu dan individu-individu yang bekerja tanpa henti untuk Ciletuh-Palabuhanratu Geopark agar mendapatkan predikat UNESCO Global Geopark.

Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua Harian Komite Nasional UNESCO Untuk Indonesia (KNIU) Prof. Arief Rachman juga hadir untuk memberikan pidato kepada para hadirin yang datang dan dilanjut dengan memberikan sertifikat UNESCO Global Geopark kepada Ahmad Heryawan selaku Ketua Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra