Konferensi UNESCO Global Geopark ke-8 di Adamello Brenta Geopark Italia

Konferensi UNESCO Global Geopark ke-8 di Adamello Brenta Geopark Italia

MADONNA DI CAMPIGLIO – Konferensi UNESCO Global Geopark ke-8 tahun 2018 telah dilaksanakan di Adamello Brenta Geopark Italia pada tanggal 8-14 September 2018. Berlokasi di kota kecil bernama Madonna di Campiglio, acara internasional ini dihadiri oleh 64 negara dari seluruh penjuru dunia. Konferensi Internasional ini bukan hanya berisi sesi ilmiah, namun juga serangkaian acara seperti rapat tahunan Anggota Eksekutif UNESCO Global Geopark, Jaringan Geopark Eropa, Jaringan Geopark Asia-Pasific, Pameran (Geo-Fair), Workshop, Gala Dinner, dan Fieldtrip.

Acara utama dibuka oleh Presiden Eksekutif UGG, Prof. Nickolas Zouros, kemudian dilanjutkan dengan sambutan pembuka oleh Prof. Patrick McKeever selaku Sekretaris Internasional Geoscience and Geoparks Programme UNESCO. Ketua Perusahaan Mobil AUDI, Dr. Fabrizio Longo juga memberikan paparan pembukanya.

Sesi Ilmiah dibagi menjadi dua kategori yaitu sesi oral dan poster. Lebih dari 200 abstrak dipresentasikan pada sesi oral dan pada sesi poster terdapat lebih dari 100 abstrak dipamerkan. Geopark Ciletuh-Palabuhanratu juga berhasil berpartisipasi dalam sesi ilmiah tersebut dengan menghadirkan seorang pembicara pada sesi oral dan tiga orang pembicara pada sesi poster. Para delegasi sukses memaparkan hasil penelitiannya dengan respon antusias dari para pendengar.

Di sesi pameran atau GeoFair, stand Geopark Indonesia selalu nampak dipenuhi pengunjung dari berbagai negara. Mereka telihat ingin tahu lebih mengenai Indonesia dan selalu bertanya pada delegasi Indonesia. Pameran ini juga terlihat menarik karena menghadirkan hasil karya lokal seperti Miniatur Leuit dan Vespa dari pelepah pisang, wayang, dan produk-produk khas lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa mengetahui informasi lebih jauh dengan membaca leaflet dan booklet yang dapat diperoleh secara gratis.

Di hari ketiga, para peserta konferensi diajak mengikuti fieldtrip ke jalur-jalur geowisata yang telah dipilih masing-masing. Jalur geowisata ini memiliki tema dan tingkat kesulitan masing-masing. Seperti Jalur Dolomiti, peserta diajak melihat langsung kemegahan batuan dan bentang alam dolomit pada ketinggian 2400 mdpl. Jalur Val di Fumo yang menyajikan bentang alam lembah hasil glasiasi dan singkapan batuan beku tonalit. Ada juga beberapa Jalur Budaya seperti Jalur Thun-Thovel dan Muse-Trento City dimana peserta dapat melihat peninggalan budaya di kastil dan museum.

Pada acara Gala Dinner, diumumkan anggota Global Geopark Network baru yakni 8 UGG yang baru ditetapkan tahun 2018. Geopark Rinjadi dan Ciletuh-Palabuhanratu merupakan dua wakil geopark Indonesia yang telah resmi menjadi anggota GGN, menyusul dua geopark sebelumnya yaitu Gunung Batur dan Gunung Sewu. 

Konferensi ditutup oleh presentasi dari geopark pemenang award dari Spanyol, China, dan tuan rumah Adamello Brenta Geopark. Kemudian persembahan dari perkumpulan disabilitas Trentino untuk para peserta konferensi. Hal yang paling ditunggu yakni pengumuman calon tuan rumah konferensi UGG berikutnya. juga disampaikan di penghujung acara. Geopark Jeju, Korea akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah konferensi UGG ke-9 yang akan diadakan tahun 2020 mendatang.

Oleh: Rinaldi Ikhram