KONSERVASI, MANGROVE KEMBALI DITANAM OLEH WARGA LOKAL GEOPARK

KONSERVASI, MANGROVE KEMBALI DITANAM OLEH WARGA LOKAL GEOPARK

SUKABUMI – Sebelum kedatangan assesor pada bulan Agustus nanti, warga lokal yang tergabung dalam POKMASI (Kelompok Masyarakat Konservasi) mengadakan kegiatan konservasi mangrove yang diinisiasi oleh beberapa stake holder dan masyarakat setempat untuk keberlangsungan dan keberlanjutan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Masyarakat yang dibantu oleh unsur Pemerintah dan Swasta ini berjalanan lancar, lebih dari 500 bibit mangrove telah ditanam di perairan teluk ciletuh di sekitaran Pantai Cikadal. Masyarakat disana sangat senang dan mengahargai kesadaran dan bantuan semua pihak yang telah membantu kegiatan konservasi tersebut.

“Alhamdulillah, semua peduli, semua membantu, semua bekerjasama demi lingkungan yang lebih baik lagi di Kawasan Geopark. Semoga kedepannya apa yang menjadi keunikan alam disini dapat terus terjaga”, ungkap Taufik, salah seorang warga. “Pantai ini juga akan dinilai nantinya oleh asesor UNESCO, insya Allah jadi nilai tambah dengan adanya kegiatan konservasi ini” tambahnya.

Pantai Cikadal ini direncanakan akan dikunjungi juga oleh dua orang assesor yang direncanakan akan tiba di Indonesia pada tanggal 31 Juli 2017, dan melaksanakan kegiatannya selama 4 hari.

 

Oleh: Ilham Mochammad Saputra