Kunjungan SMA Negeri 1 Cikakak ke Geopark Information Centre

Kunjungan SMA Negeri 1 Cikakak ke Geopark Information Centre

SMA N 1 Cikakak mengadakan study tour ke kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, khususnya di daerah Palabuhanratu. Study tour ini diikuti oleh 80 orang siswa kelas 2 yang di dampingi oleh 10 orang guru. Kegiatan study tour ini merupakan ajang edukasi dan rekreasi untuk para siswa.

Study tour ini berlangsung selama sehari. Kunjungan dimulai dari Pos pengamatan bulan yang beada di Kawasan Palabuhanratu. Kunjungan dilanjutkan ke BMKG (Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofosoka) Palabuhanratu. Kunjungan ini ditutup dengan mengunjungi Geopark Information Centre.

Di Geopark Information Centre para siswa diberikan edukasi mengenai geopark, mulai dari kawasan, konsep geopark, geologi, kultur dan hayati. Siswa diajak berkeliling dan diberikan penjelasan oleh guide lokal dan geolog lokal yang berada di GIC. Para siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan mengenai geopark. Terlihat dari banyaknya siswa yang bertanya.

Kunjungan ke GIC ini pun memicu keinginan para siswa untuk mengunjungi geosite-geosite yang belum mereka kunjungi. Rencana kunjungan berikutnya adalah Kasepuhan adat Sinaresmi dan Ciptagelar.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra