Kunjungan tim UNESCO ke Curug Cimarinjung

Kunjungan ke Curug Cimarinjung merupakan bagian dari rangkaian acara penilaian tim Assessor UGG.  Kunjungan ini bertujuan untuk melihat kesiapan dari geosite Curug Cimarinjung dalam hal pengelolaan dan infrastruktur yang ada di geosite ini.

Perwakilan tim assesor UGG, Alex dan Lee terlihat sangat antusias untuk melihat geosite ini. Pertama mereka melihat infrastruktur dan pengelola yang ada di lokasi. Infrastruktur di lokasi ini memang sudah lengkap seperti adanya toilet, gerbang, papan informasi, dan papan larangan. Sebagian infrastruktur disini merupakan hasil suadaya masyarakat seperti pagar pembatas dan gerbang. Pengelola geosite ini pun sudah terstruktur dengan baik mulai dari penjaga tiket, guide hingga petugas yang menjaga di lokasi.

Tim assessor dari UGG terlihat menikmati kunjungan ke geosite ini sambil terus bertanya mengenai geosite ini. Saat awal masuk, mereka disambut oleh ribuan bayi kepiting yang ada di sepanjang jalur irigasi. Dan ketika melihat curug ini salahsatu assessor yaitu Alex langsung bergegas ingin melihat curug ini dari dekat sambil terus menanyakan aspek geologi di tempat ini. Ada pula penjelasan dari Alin sebagai guide setempat mengenai legenda dan nama dari curug ini.

Assessor sangat antusias di lokasi ini, terlihat dari semangat mereka untuk melihat curug ini dari setiap sudut. Setelah puas berfoto di curug ini, kunjungan dilanjutkan dengan melihat papan informasi. mereka melihat kelengkapan informasi yang ada di papan informasi sambil dijelaskan oleh Katon sebagai Geolog lokal.

Oleh: Katon Sena dan Ilham Mochammad Saputra