PALANGPANG, MEMPESONA DENGAN JALAN BARUNYA.

PALANGPANG, MEMPESONA DENGAN JALAN BARUNYA.

Photo: Dedi Suhendra

Inisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga dan Perumahan Rakyat dan dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk pembangunan jalan yang melintasi sisi kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang melintang dari Pantai Loji, Puncak Darma hingga ke Pantai Palangpang hampir selesai. Ini adalah bentuk nyata kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu untuk menunjang pembangunan ekonomi lokal.

Foto: Dedi Suhendra

Hal ini pernah ditegaskan oleh Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada kunjungannya awal tahun 2017, terkait pembangunan jalan yang melintang dari Kawasan Palabuhanratu hingga Palangpang. Beliau menyatakan pembangunan ini dapat menghemat waktu perjalanan hingga 3 jam di kawasan yang mencakup 8 kecamatan di selatan Kabupaten Sukabumi ini.

Foto: Dedi Suhendra

Dengan hampir selesainya pembangunan ini, diharapkan nantinya ketika sudah menjadi Geopark Dunia melalui UNESCO Global Geopark, selain bisa meningkatkan ekonomi lokal, Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu bisa menjadi primadona dalam dunia pariwisata di Jawa Barat juga di Indonesia.

Foto: Dedi Suhendra

Oleh: Ilham Mochammad Saputra