Pembangunan Jalan Lintas Ciwaru-Pantai Loji, Menyusuri Pantai “Emperan Surga”

Pembangunan Jalan Lintas Ciwaru-Pantai Loji, Menyusuri Pantai “Emperan Surga”

Jawa Barat kini memiliki jalur Pantai Selatan yang sudah siap digunakan untuk menghubungkan kawasan-kawasan pantai selatan ini. Walaupun bukan kawasan padat penduduk, namun daerah Pantai Selatan dikenal sebagai penghasil sumberdaya alam yang sangat melimpah dan juga potensi pariwisata. Maka dari itu, akses dari dan ke daerah selatan ini adalah kunci penting dalam pembangunan daerah yang merata di Jawa Barat.

Salah satu jalur baru yang masih dalam proses pengerjaan ini adalah Jalur Ciwaru (Pantai Palangpang) di Kecamatan Ciemas hingga Pantai Loji di Kecamatan Simpenan. Jalur sepanjang 37 km ini memotong kontur perbukitan dan pesisir pantai sehingga menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Nantinya, dari Pantai Palangpang ke Pantai Loji ataupun sebaliknya hanya ditempuh sekitar satu jam saja. Jalur ini diagendakan akan selesai pada akhir tahun 2017.

Pada saat tim peliput mencoba melewati jalur tersebut pada hari Kamis (23/6), kondisi jalan saat ini masih dalam proses pengerjaan, sehingga belum layak untuk dilalui kendaraan roda empat biasa. Selain itu, jalur ini masih terputus di daerah Sungai Cisaar di Desa Girimukti yang nantinya akan dibangun jembatan untuk menyambungkan jalur tersebut.

Masyarakat sekitar daerah yang dilewati jalur baru, sangat positif terhadap pembangunan jalur tersebut. Dihubungkannya kawasan-kawasan yang tadinya terpencil pastinya memberi dampak positif terhadap pembangunan ekonomi, sarana dan prasarana. Misalnya di perkampungan nelayan Pantai Cisaar, sebelumnya adalah lokasi yang sangat sulit dijangkau lewat darat. Namun sekarang, perkampungan tersebut berada tepat disisi jalan besar. Dengan adanya jalur baru ini diharapkan akan menjadi jalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh: Rinaldi Ikhram