Pertamina EP Cepu belajar Geologi Regional dan Sedimentologi di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Pertamina EP Cepu belajar Geologi Regional dan Sedimentologi di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Kondisi geologi kawasan Geopark Nasional-Palabuhanratu telah dikenal menyimpan banyak informasi dan pengetahuan kebumian yang berguna di berbagai aplikasi. Salah satunya adalah pengetahuan evolusi tektonik lempeng Indonesia bagian barat dan proses sedimentasi yang nantinya digunakan dalam eksplorasi migas.

Hal ini yang mendorong rombongan dari Pertamina EP Cepu melaksanakan kunjungan ke kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu pada hari Jumat, 27 Januari 2018. Selain berwisata menikmati keindahan alam, mereka juga ingin mengetahui kondisi geologi kawasan Ciletuh-Palabuhanratu dalam kaitan pencarian terhadap migas di Pulau Jawa. Pengetahuan mengenai pengembangan kawasan geopark juga menjadi poin yang ingin diperoleh dari kunjungan ini.

Ditemani oleh interpreter geologi dari Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, rombongan Pertamina EP Cepu mengunjungi beberapa objek seperti Museum Konservasi PAPSI, Titik Pandang Panenjoan, Curug Sodong, dan Puncak Darma. Cuaca yang hujan dan berangin tidak mengurangi semangat mereka dalam menikmati perjalanan dan mempelajarinya. Suasana menjadi hangat ketika penjelasan geologi bisa diperoleh sambil meminum kopi dan menyantap durian asli Sukabumi.

pertamina cepu

Kunjungan satu hari ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara pertemuan perusahaan yang dilaksanakan di Kota Sukabumi. Setelah penjelasan terakhir di Puncak Darma, rombongan Pertamina EP Cepu kembali ke Kota Sukabumi dengan melewati jalur baru Palangpang-Loji dan menikmati keindahan alam Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai penutup rangakaian acara tersebut.

Oleh: Rinaldi Ikhram