Pikiran Rakyat Siap Menjadi Media Partner Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Pikiran Rakyat Siap Menjadi Media Partner Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Pikiran Rakyat menjadi Media Partner Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Semakin dekatnya kedatangan asesor dari UNESCO, tentunya semakin ketat juga waktu persiapan BP GNCP untuk menyiapkan segala kebutuhan dan keperluan di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Dengan agenda kegiatan yang sudah disiapkan manajemen, BP GNCP semakin gencar mempromosikan kawasan yang luas lebih dari 100.000 hektar ini.

Pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu atau biasa disingkat menjadi GNCP ini sudah santer dibicarakan orang selama 4 tahun terakhir, setelah banyak temuan bumi yang memiliki nilai sejarah menurut banyak ahli geologi di Indonesia, setelah inisiasi Dosen Universitas Padjajaran Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, Ph.D bersama kolega dibantu oleh PT. Bio Farma dengan program CSR, sedikit demi sedikit kawasan ini menjadi dikenal oleh banyak orang setelah di promosikan di dalam dan luar negeri dan menjadi terkenal seperti sekarang ini. Sudah banyak wisatawan dan peneliti yang datang ke kawasan ini, dari dalam negeri dan mancanegara menurut penuturan warga sekitar yang menjadi guide di kawasan ini. Endang Sutisna mengatakan, “Alhamdulillah dengan dikenalnya Geopark ini, semakin hari semakin banyak saja orang yang datang kesini untuk berlibur atau panelitian”, ungkap salah satu warga lokal disana.

Setelah keberhasilannya dalam mendapatkan status menjadi Geopark Nasional pada Desember 2015, nama Kawasan GNCP ini semakin melambung tinggi diikuti oleh tingkat kunjungan yang semakin tinggi juga. Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Dr. (H.C) Ahmad Heryawan, L.C menyatakan siap membantu untuk mempromosikan dan membangun Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu menjadi kawasan siap kunjung di Jawa Barat dan Indonesia.

Pikiran Rakyat menjadi Media Partner Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Wakil ketua harian BP GNCP, Dana Budiman mengutarakan “Kami melakukan yang terbaik untuk ciletuh, semoga hasilnya memuaskan dan menggembirakan untuk seluruh masyarakat Jawa Barat”, Dana Budiman bersama jajaran stafnya datang ke kantor Pikiran Rakyat di Bandung, Jawa Barat untuk memenuhi undangan dan memberikan paparan sejauh mana perkembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Pikiran Rakyat menjadi Media Partner Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu

Maka tidak mengherankan jika Pikiran Rakyat bersedia menjadi media partner dengan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu melalui manajemen Badan Pengelola yang diwakili oleh Dana Budiman. Di akhir pertemuan antara Manajemen BP GNCP dan Manajemen Pikiran Rakyat bahwa Pikiran Rakyat sebagai media yang kredibel di Jawa Barat dan Indonesia untuk menjadi media partner Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu untuk perkembangan, pembangunan dan kegiatan yang ada di Kawasan Geopark.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra