Program Pengembangan Geopark

Program Pengembangan Geopark

Untuk mewujudkan motto geopark “memuliakan warisan bumi menyejahterakan masyarakat” diperlukan program-program nyata menuju pembangunan berkelanjutan di geopark.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menetapkan Tim Operasional Percepatan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan Badan Pengelola. Tim Operasional dan Badan Pengelola ini akan menyusun dan mendampingi semua pelaksanaan program pengembangan yang dilakukan di geopark.

Saat ini di beberapa desa di dalam geopark, sedang dilaksanakan berbagai pelatihan keterampilan bagi masyarakat lokal, yang meliputi kegiatan konservasi, edukasi tentang geopark, pengembangan produk lokal pertanian, perkebunan, peternakan, pengelolaan fasilitas penginapan, kerajinan tangan, guide wisata, geotrail dan promosi melalui dukungan dana yang simultan dari pemerintah pusat, daerah, dan swasta.
Program terpenting yang sedang dilaksanakan adalah perbaikan infrastruktur khususnya jalan akses menuju geopark dan situs geopark, serta penyediaan amenitas pariwisata, seperti papan informasi, pusat informasi wisata, tempat parkir, toilet dan fasilitas lainnya.

Masterplan dan detail engineering design (DED) dan artis impresi, sedang dipersiapkan di beberapa kawasan yang direncanakan sebagai pusat pertumbuhan perekonomian di kawasan Geopark seperti kawasan Mega Amfiteater; Puncakdarma; Pantai Palangpang – Cikadal; dan Curug Awang, Tengah dan Puncakmanik, serta rencana pembangunan bandara di Citarate-Ujunggenteng. Artis impresi ini dapat memberikan ide rencana pengembangan jangka panjang di kawasan geopark.