PROVINSI JAWA BARAT MENERIMA SERTIFIKAT UNESCO GLOBAL GEOPARK

PROVINSI JAWA BARAT MENERIMA SERTIFIKAT UNESCO GLOBAL GEOPARK

sertifikat UGG

JAKARTA – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida mewakili Provinsi Jawa Barat menerima sertifikat UNESCO Global Geopark pada hari Kamis, 12 Juli 2018 di Gedung Bappenas RI, Jakarta Pusat dalam acara Konferensi Geopark Nasional I.

sertifikat ugg

Selain mewakili Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida dalam konferensi tersebut, lebih jauh lagi, memaparkan profil Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark, beliau menjelaskan luasan wilayah Ciletuh-Palabuhanratu Geopark juga komponen-komponen pembangunan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark. Dalam paparannya, Beliau menjelaskan tentang lima komponen utama dalam pembangunan kawasan seluas 126.100 Hektar tersebut, diantaranya Pemerintah Pusat hingga Daerah, Badan Usaha (PT. Bio Farma (Persero), Masyarakat, Akademisi dan Media Massa.

Beliau percaya bahwa sinergitas tersebut yang membawa keberhasilan Ciletuh-Palabuhanratu menjadi salah satu dari daftar UNESCO Global Geopark yang ada di dunia, dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang meraih predikat UNESCO Global Geopark tanpa penangguhan. Lebih jauh lagi, beliau memaparkan strategi pengembangan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark yaitu Konservasi, Promosi, Edukasi dan Pengembangan Masyarakat, selain kewajiban untuk membangun infrastruktur, penataan daerah, penerapan peraturan dan kebijakan pemerintah.

ida hernida

Menurut Ida Hernida, keberhasilan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark berpengaruh pada peningkatan Ekonomi. Beliau menjelaskan ekonomi masyarakat lokal disana tiap tahun meningkat, tercatat ada 140 pemandu wisata yang penghasilannya naik hingga 1.133%, diikuti jumlah peningkatan sarana akomodasi seperti homestay dan berimplikasi pada kenaikan tingkat kunjungan, hingga tahun 2017 tercatat 986.148 pengunjung yang datang ke Kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark.

Dalam konferensi ini hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritimin Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. Dalam menerima sertifikat UNESCO Global Geopark, selain Provinsi Jawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat juga menerima penghargaan atas keberhasilan Rinjani-Lombok menjadi UNESCO Global Geopark.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra