PUTRI NELAYAN; GENERASI MUDA KABUPATEN SUKABUMI YANG SIAP PROMOSIKAN GEOPARK CILETUH-PALABUHANRATU.

PUTRI NELAYAN; GENERASI MUDA KABUPATEN SUKABUMI YANG SIAP PROMOSIKAN GEOPARK CILETUH-PALABUHANRATU.

GM GNCP sedang membuka acara

PALABUHANRATU – Kabupaten Sukabumi memiliki keanekaragaman budaya yang telah lama dilestarikan oleh para leluhur yang ada di tataran wilayah Kabupaten Sukabumi. Pelestarian Budaya secara turun – temurun tersebut akhirnya menjadi sebuah potensi yang begitu besar dampaknya untuk Kabupaten Sukabumi.

Salah satu budaya tersebut adalah Pesta Rakyat Perayaan Syukuran Hari Nelayan yang memiliki beberapa Ciri Khas dan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi para warga Masyarakat Palabuhanratu dan juga para wisatawan Mancanegara yang turut serta menyaksikan perhelatan Hari Nelayan tersebut, salah satunya adalah dengan adanya Putri Nelayan yang dipercaya sebagai “Putri Titisan” dari Nyai Roro Kidul yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai Penguasa Laut Kidul Palabuhanratu.

GM GNCP sedang membuka acara

Menjelang Syukuran Hari Nelayan (SHN) Palabuhanratu ke-58 pada April mendatang, persiapan terus disiapkan, salah satunya adalah Putri Nelayan. Dalam rangka menyambut Syukuran Hari Nelayan (SHN) Palabuhanratu ke-58 pada 5 April mendatang, sejumlah persiapan terus di matangkan. Putri Nelayan adalah momentum bagi generasi muda Kabupaten Sukabumi untuk menggali potensi diri sehingga bisa memberikan semangat bagi generasi muda untuk berkarya lebih baik lagi.

Untuk memilih Putri Nelayan tersebut, biasanya panitia Hari Nelayan melakukan Seleksi Putri-Putri terbaik di Wilayah Kabupaten Sukabumi, sebagai Simbol Putri Nelayan yang akan dijadikan pengantar dalam Ritual Labuh Saji pada Puncak Acara Hari Nelayan tersebut.

22 orang peserta finalis mengikuti malam puncak grand final pemilihan Putri Nelayan 2018 yang di gelar di gedung Fridnanda, jalan Ahmad Yani, Palabuhanratu, dan dibuka oleh General Manager Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, H. Dana Budiman pada Jumat (23/3/2018).

Finalis ini merupakan generasi muda yang terpilih dari sekian banyak peserta yang ada di Kabupaten Sukabumi, yang diseleksi secara ketat. Pada malam puncak grand final setiap peserta finalis wajib untuk menyampaikan visi dan misi dihadapan para juri dan juga penonton yang hadir. Acara yang rutin diadakan setiap tahun ini adalah salah satu pre-event dari acara puncak Syukuran Hari Nelayan (SHN) tersebut.

Pendaftaran yang dimulai pada tanggal 22/1/2018 melalui online website di www.mypalabuhanratu.com dan www.putrinelayan.com ini juga dibagikan melalui laman website remsi dari Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Persyaratan batasan usia dari 17-24 tahun yang berasal dari umum, mahasiswa dan pelajar ini sangat diminati banyak generasi muda yang berdomisili di Kabupaten Sukabumi.

Berbeda dengan sebelumnya, dikutip dari sukabumiupdate.com, pihak penyelenggara kali ini ingin membuat acara tahunan tersebut lebih spesial. Selain berparas cantik, para peserta finalis juga harus menonjolkan aspek intelektual, wawasan dan jiwa sosial yang tinggi. Diberi pelatihan  tentang kecakapan komunikasi publik oleh tim Tantowi Yahya Publik School, diharapkan kedepan para peserta finalis selain dapat melestarikan kebudayaan, bisa juga menjadi duta Pariwisata bersama-sama dengan Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi, dalam mempromosikan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Acara Putri Nelayan tahun ini telah selesai dilaksanakan dan Jihan Novita Ali Putri keluar sebagai pemenang Putri Nelayan 2018.

Lima besar terpilih adalah:

  1. Jihan Novita Ali Putri – SMAN 1 Cikakak
  2. Nadya Ajeng Astuti – STIEPAR Bandung
  3. Annisa Trie Febrianti Saiyan – SMAI Nurul Huda
  4. Nurleila Agustin – UNPAK Bogor
  5. Bella Amalia – SMAN 1 Palabuhanratu

Lima pemenang kategori adalah:

  1. Putri Favorit – Indah Siti Aprilianti
  2. Putri Berbakat – Vista Rachmania
  3. Putri Enterpreneur & Inspirasi – Arasyi Maqdisa Putri
  4. Putri Persahabatan – Hilmi Putri Yanti
  5. Putri Fotogenic – Ami Syakila

Segenap Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu mengucapkan selamat kepada para pemenang, semoga dapat mengemban tugas dengan baik dan membawa citra yang bagus untuk Kabupaten Sukabumi.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra