RAFLESIA DI CILETUH

RAFLESIA DI CILETUH

Raflesia Foto oleh: Asep

Ciletuh-Palabuhanratu Geopark yang sudah diakui dunia melalui verifikasi UNESCO yang dilaksanakan pada bulan Agustus tahun lalu ini mulai terkenal di kalangan para wisatawan nasional dan luar negeri. Geopark tak hanya tentang keunikan batuan dankeragaman geologi saja, ada juga keragaman budaya (culture-diversity) dan keragaman biologi (bio-diversity).

Bila kalian datang ke kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark dan masuk ke kawasan hutan konservasi Cipeucang, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciemas, akan menemukan bunga Rafflesia Fatma yang disebut sebagai salah satu bunga langka yang ada di Indonesia. tak jauh dari jalur setapak, menempel diakar pohon yang menjadi inangnya. Rafflesia ini mekar sempurna berwarna merah bata.

Raflesia
Foto oleh: Asep

Menurut penjelasan Asep Supriatna, menurut pendataan PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi) ada 29 titik raflessia fatma yang tersebar di hutan cipeucang ini.  Hutan konservasi Cipeucang ini bisa diakses oleh wisatawan tentunya dengan pendampingan dari guide, agar tidak tersesar atau merusak aset alam yang ada.

oleh: Ilham Mochammad Saputra