RESMI; CILETUH PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK.

RESMI; CILETUH PALABUHANRATU UNESCO GLOBAL GEOPARK.

BANDUNG – Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, tepat pada hari selasa waktu Paris, Prancis resmi ditetapkan menjadi bagian dari jaringan geopark dunia atau UNESCO Global Geopark. Diikuti oleh beberapa delegasi dari Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, diantaranya ada Prof. Mega Fatimah Rosana dan Dr. H. Ir. Dana Budiman, pengesahan disampaikan dalam sidang Executive Board Unesco ke 204.

 

Proses penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) terbilang cepat. Biasanya proses yang ditempuh sepuluh tahun setelah penetapan geopark nasional. Bukan tanpa sebab, kerja keras ini dilakukan bersama-sama oleh semua pihak yang terkait, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, PT. Bio Farma (Persero), akademisi-akademisi, kelompok masyarakat dan juga banyak pihak-pihak lainnya.

 

Marwan Hamami selaku Bupati Sukabumi menyatakan kalau hanya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dengan prinsip vini-vidi-vici (datang-melihat-menang). Hanya butuh kurang-lebih tiga tahun untuk mendapatkan sertifikat dan pengakuan dari UNESCO Global Geopark. Bupati Marwan berharap, keberhasilan ini dapat membangkitkan wilayah selatan Kabupaten Sukabumi. Pengembangan geopark pun akan melibatkan kaum perempuan.

Pertimbangan UNESCO mengakui Ciletuh sebagai geopark dunia, bukan tanpa alasan. Sejak penilaian pada awal Agustus 2017, Menurut Dana Budiman, Ciletuh memiliki poin yang bagus di setiap kriteria standar geopark dunia. Dikutip dari kompas.com, “Kini Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi satu-satunya kawasan yang  berada di Jawa Barat yang diakui dunia. GCP  menjadi destinasi wisatan dunia yang akan dikunjungan para wisatawan diluar negeri,” kata Gubenur Jawa Barat, Ahmad Heryawan Minggu 15 April 2018.

Menteri Pariwisata Arief Yahya telah yakin jika potensi yang dimiliki Geopark Ciletuh-Palabuhanratu tersebut akan dapat diakui dunia, sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Menurutnya tiga unsur utama geopark dunia sudah dipenuhi di kawasan ini, mulai geodiversity, biodiversity, dan culture diversity. “Rumus destinasi kelas dunia adalah atraction, access, dan tourism resource. Saya lihat Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu sudah memiliki itu dan kita harapkan akan menjadi UGG,” pada tahun lalu di Pantai Cimaja, Kabupaten Sukabumi saat menghadiri kegiatan Amazing Geopark Adventure Tourism. Selain Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, UNESCO juga mengesahkan 12 geopark lain, dari 11 negara sebagai UGG, dalam acara yang sama.

Penyerahan sertifikat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UGG akan dilakukan pada akhir tahun 2018.

Kami segenap redaksi, mengucapkan selamat kepada seluruh elemen yang sudah berjuang dan berhasil membuat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark.

press release oleh UNESCO: https://en.unesco.org/news/13-sites-africa-asia-europe-and-north-america-receive-unesco-global-geopark-label

foto-foto CPUGG: https://en.unesco.org/photo-galleries/27791

video-video UGG: http://www.unesco.org/new/en/media-services/multimedia/news-videos/b-roll/geoparks-2018/

Oleh: Ilham Mochammad Saputra