Seminar Nasional Geopark dan Pariwisata Pulau Belitong, Semangat Baru Geopark Nasional

Seminar Nasional Geopark dan Pariwisata Pulau Belitong, Semangat Baru Geopark Nasional

Foto: Rinaldi Ikhram

Pulau Belitung, dengan segala kekayaan geologi, biologi, budaya serta sejarahnya memang sudah selayaknya diusahakan menjadi sebuah geopark, bahkan lebih jauh lagi menjadi geopark global UNESCO, begitu tutur Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung pada acara seminar Festival Geopark Belitong di Hotel Santika, Sijuk, Kabupaten Belitung. Sejak tahun 2009, Pemerintah Daerah Provinsi Bangka Belitung telah memiliki beberapa agenda yang berkaitan dengan pengembangan sektor geowisata. Datangnya konsep geopark yang digagas oleh Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung merupakan momentum yang tepat untuk merealisasikan cita-cita dalam menjaga alam Pulau Belitung dan meningkatkan ekonomi Masyarakat.

Foto: Rinaldi Ikhram

Ella Ubaidi, selaku tenaga ahli menteri ESDM bidang geopark, museum, dan sarpras menyampaikan dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan geopark Indonesia. Hal-hal berkaitan dengan pengembangan geopark yang siap kunjung seperti aksesibilitas, amenitas, dan atraksi merupakan fokus utama pemerintah. Pengunjung geopark bukan hanya wisatawan biasa, melainkan lebih luas dari itu, seperti peneliti, akademisi, dan lain sebagainya, sehingga fasilitas pendukung lainnya wajib untuk dipersiapkan.

Diskusi yang sangat menarik terjadi di sesi diskusi panel pertama, dengan pembicara Bapak Ir.Hanang Samodra, M.Si., yang membahas mengenai kekayaan geologi terkemuka di Geopark Belitung; Ibu Ir.Dyah Erowati, MSc., sebagai General Manager Geopark Belitung yang bercerita tentang perjalanan Badan Pengelola Belitung dalam mengembangkan dan mengelola kawasan geopark; Ir. Arya Mahendra Sinulingga, direktur media Inews TV yang memaparkan peran media TV dalam mempromosikan potensi geopark-geopark di seluruh Indonesia. Beliau juga “mengompori” para stake holder untuk ikut serta mengembangkan potensinya masing-masing. Kemudian Bapak Dr.Ir. Safri Burhanuddin DEA, sebagai Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim yang membahas peran serta dan koordinasi kementerian dalam pengembangan geopark di Indonesia.

Foto: Rinaldi Ikhram

Acara dilanjutkan pada pengumuman dan penetapan 5 geopark nasional baru yakni Geopark Belitung, Raja Ampat, Tambora, Maros-Pangkep, dan Geopark Bojonegoro. Untuk Geopark Belitung, Raja Ampat, Tambora dinilai telah diterima dengan beberapa catatan. Sedangkan untuk Geopark Maros-Pangkep, dan Geopark Bojonegoro dinyatakan lulus bersyarat dengan beberapa catatan perbaikan yang harus dipenuhi dalam jangka waktu tertentu.

Seminar Nasional Geopark  dan Pariwisata ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Festival Geopark Pulau Belitong. Diikuti acara lainnya seperti pameran geoproduk dan komunitas, geobike, geophoto, geoforest, geokuliner, dan lain-lain.

Oleh: Rinaldi Ikhram