Seminar Pendidikan “Ngagurat Jagat” di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Seminar Pendidikan “Ngagurat Jagat” di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Seminar Pendidikan “Ngagurat Jagat” yang diselenggarakan di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu adalah acara yang diadakan oleh komunitas dari warga lokal Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, mereka menyebut kelompoknya “PAPSI” (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi). PAPSI merupakan pelopor keolompok pergerakan pembangunan di kawasan ini, kelompok ini yang mengenalkan ciletuh sebagai kawasan yang memeiliki potensi dari berbagai aspek, seperti pendidikan, pariwisata dan nilai peninggalan sejarah kebumian.

Seminar yang bertema “Pendidikan Inovatif dan Implementatif untuk Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu” ini menghadirkan pakar dari bidang masing-masing, seperti; Prof. Toto Amsar Suanda, S.St, M.Sn seorang praktisi budaya kenamaan di Bandung, Prof. Mega Fatimah Rosana, M.Sc, Ph.D adalah guru besar dari Universitas Padjadjaran, Drs. Iskandar, M.M sebagai Direktur utama PT. Bio Farma dan ulama K.H Agus Abdurahman.

Ngagurat Jagat (2)

Maksud dari diselenggarakannya seminar ini adalah untuk pemahaman bersama tentang bagaimana pendidikan yang implementatif dan inovatif di Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu yang memang dihadiri oleh peserta dari siswa-siswi sekolah dan santri-santri yang tersebar di beberapa ponpes di kawasan ini, menurut Endang Sutisna, Ketua Papsi menyatakan bahwa seminar ini didaulat agar para ulama yang berada di kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu ini dapat dilibatkan dalam pembangunan dan kemajuan kawasan.

Seminar ini ditutup dengan pengajian bersama para santri dan ulama agar supaya pengembangan dan kemajuan kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu semakin pesat dan warga lokal disini senantiasa sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT.

Oleh: Ilham Mochammad Saputra