Tektonostratigrafi Daerah Ciletuh dan Sekitarnya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berdasarkan Data Geologi Permukaan

Tektonostratigrafi Daerah Ciletuh dan Sekitarnya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berdasarkan Data Geologi Permukaan

Ciria Humanis Brilian

Email : ciriahumanis@yahoo.co.id

Universitas Padjadjaran

 

SARI

 

Penelitian mengenai tektonostratigrafi ini dilakukan di daerah Ciletuh lebih tepatnya di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang termasuk pada sebagian Peta Rupabumi Digital Indonesia (Bakosurtanal) lembar Ciwaru (1108-642) dan lembar Ciemas (1208-431). Secara geografis terletak pada posisi 77° 13′ 4″ sampai 7° 8′ 44″ LS dan 106° 26′ 13″- 106° 31′ 38″ BT. Daerah penelitian terdiri dari Formasi Jampang dan Formasi Bayah.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi struktur geologi daerah penelitian sehingga dapat mengetahui aktivitas tektonik yang dihubungkan dengan pengendapan satuan batuan yang terbentuk berdasarkan pemetaan di atas permukaan yang meliputi analisis stratigrafi, analisis struktur geologi termasuk analisis kelurusan dan analisis data literatur sebagai pembanding.

Daerah penelitian tersusun atas tiga satuan batuan dari tua ke muda yaitu satuan Batupasir Kuarsa (Tebpk), satuan Batupasir (Tmbp) dan endapan Alluvial (Qa). Terdapat tiga periode tektonik yang terjadi pada daerah penelitian yaitu periode tektonik kompresional Timurlaut-Baratdaya Oligosen yang mempengaruhi satuan Batuasir Kuarsa dan membentuk tinggian purba. Kedua, periode tektonik kompresional Timurlaut – Baratdaya Miosen yang mempengaruhi satuan Batupasir dan membentuk lipatan serta sesar. Terakhir periode tektonik kompresional Baratlaut – Tenggara Pliosen yang membentuk sesar-sesar mendatar dan longsoran yang membentuk morfologi tapal kuda yang biasa disebut Amfiteater Ciletuh.