WARGA LOKAL GELAR FESTIVAL DURIAN DI GEOPARK CILETUH-PALABUHANRATU

WARGA LOKAL GELAR FESTIVAL DURIAN DI GEOPARK CILETUH-PALABUHANRATU

PALABUHANRATU – Warga lokal di Kecamatan Cikakak mengadakan festival durian, Kecamatan Cikakak merupakan salah satu kecamatan yang masuk di dalam 8 kecamatan yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, kecamatan yang terkenal akan durian yang khas ini memiliki berbagai potensi di bidang kepariwisataan untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam atau agrowisata. Festival Durian Cikakak ini dihadiri oleh Kapolres Sukabumi AKBP M Syahduddi, Dandim 0622 Sukabumi Lekol Kav Guruh Prabowo Wirajati, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Sukabumi Badri suhendi.

Pada tanggal 7 Maret 2017, Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM telah menetapkan kecamatan ini sebagai kawasan agropolitan dengan 3 potensi unggulan Durian, Lengkeng New Crystal (Kateki), dan Kopi Arabica. Dengan potensi tersebut serta untuk menambah kekayaan biodiversity di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Karang Taruna “TUNAS BAKTI” Desa Sukamaju Kec. Cikakak Kab. Sukabumi pada Hari Senin Tanggal 21 Agustus 2017 menggelar “Festival Durian Cikakak”.

Pada Festival Durian Cikakak tersebut di lombakan berbagai varian durian berkualitas yang berasal dari Kecamatan Cikakak, diungkapkan oleh Sekretaris Karang Taruna Tunas Bhakti, Deni Nugraha, “Penyelenggaraan festival ini dimaksudkan untuk meningkatkan potensi pertanian daerah. Salah satunya Durian yang ada di Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak, Dengan digelarnya festival ini mudah-mudahan para petani Durian akan semakin tertarik untuk mengembangkan potensi buah Durian lokal,” harapnya.

“Salah satu Durian unggulan dari Kecamatan Cikakak adalah Durian Gandaria, sejak dari dulu  durian gandaria ini ada di Cikakak. Saat ini durian gandaria sudah mulai langka, harganya jadi sangat mahal” tambah pria yang juga aktif di Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Information Centre (GIC) ini. Durian gandaria ini ketika panen dari pohonnya, tidak sampai setengah hari, sudah habis terjual.

Dua tahun terakhir petani di Kecamatan Cikakak mulai kembali membudidayakan durian ini. Walau dengan harga yang mahal, durian gandaria ini tetap menjadi primadona dan di buru oleh penggemarnya. “Durian ini sudah ada penggemarnya sendiri, sehingga, untuk pembeli pemula harus pesan terlebih dahulu jika mau kebagian,” pungkas Deni.

Menurut warga lokal disana, festival ini akan digelar rutin setiap tahun. Masyarakat yang hadir dipersilahkan untuk turut mencicipi durian yang telah disiapkan. Harapannya potensi durian lokal ini bisa semakin mengangkat potensi agrowisata di Desa Sukamaju.

Selain festival Durian, ada juga beberapa perlombaan rakyat, hiburan seperti kesenian daerah. Uniknya festival ini menyediakan pelayanan perpanjangan SIM yang bekerja sama dengan Polres Sukabumi.

Oleh: Adjie Achmad Ridwan dan Ilham Mochammad Saputra