Warisan Geologi dan Pembangunan Geopark di Indonesia

Warisan Geologi dan Pembangunan Geopark di Indonesia

Photo: Rinaldi Ikhram

Secara geologi, Indonesia merupakan pertemuan 3 lempeng utama yang menyebabkan kondisi geologinya begitu rumit. Namun, kondisi tersebut merupakan anugerah bagi kekayaan alam geologi Indonesia dan banyak juga yang menjadi warisan geologi karena nilainya yang begitu berarti bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Warisan geologi (geoheritage) ini haruslah dijaga keberadaannya melalui berbagai macam usaha seperti penetapan regulasi dan tata kelola yang baik.

Photo: Rinaldi Ikhram

Berdasar pada kondisi tersebut, Pusat Survey Geologi melakukan sebuah terobosan dengan membuat pedoman Standar Teknis Inventarisasi keragaman Geologi dan Identifikasi Warisan Geologi dan Petunjuk teknis Asesmen Sumberdaya Warisan Geologi yang resmi diluncurkan pada hari Rabu, 15 November 2017 di Auditorium Badan Geologi, Bandung. Dua buku pedoman ini, secara lebih jauh, ditujukan kepada Pemerintah Daerah dan Institusi Pendidikan terkait yang daerahnya dinilai memiliki warisan geologi. Jadi segala proses tidak hanya dilaksanakan oleh Pusat Survey Geologi, sehingga proses inventarisasi dan penetepan warisan geologi akan berjalan lebih cepat.

Menurut Iman K Sinulingga selaku Sekretaris Pusat Survey Geologi, dengan adanya petunjuk dan standar tersebut, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta bersama-sama Perguruan Tinggi dan Kementerian/Lembaga terkait mengelola sumber daya warisan geologi, untuk: (1) Mempercepat proses identifikasi sumber daya warisan geologi di seluruh Indonesia, (2) Menyajikan data dan informasi sumberdaya warisan geologi yang terintegrasi dan mudah diakses, (3) Mewujudkan sistem pengelolaan warisan geologi dengan tetap memperhatikan kelestarian fungsi dan lingkungan, (4) Meningkatkan pendapatan disektor pariwisata dengan pembangunan ekonomi dan budaya lokal, serta keserasian penataan ruang dalam upaya terwujudnya pembangunan berkelanjutan .

Pada kesempatan itu pula, General Manager Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Budiman, membagikan pengalaman perjalanan pembangunan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Menurutnya, geopark telah terbukti memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan daerah yang dilihat dari peningkatan sektor ekonomi dan kelengkapan infrastruktur. Beliau juga meyakinkan narasumber dan peserta bahwa kerjasama pemerintah daerah dengan pusat dan berbagai instansi terkait juga sangat penting demi kelangsungan percepatan pembangunan.

Oleh: Rinaldi Ikhram